WHAT'S NEW?
Loading...

10,trick menghindari bullying di sekolah maupun di lingkungan sekitar

                 Pengertian bullying

Bullying adalah salah satu masalah terbesar yang ada di dunia pendidikan saat ini, karena dapat mempengaruhi perkembangan mental terutama pada saat usia remaja.
Secara garis besar, pengertian bullying adalah tindakan yang ditujukan agar seseorang merasa lemah, tidak berdaya, atau di remehkan. Tindakan bullying yang biasanya di lakukan di sekolah adalah pelecehan, kekerasan fisik, pengucapan kata-kata kasar / merendahkan, dan sebagainya.

 Menjadi orang yang dibully sangatlah tidak menyenangkan, bahkan bisa merubah sifat positif kamu menjadi sifat yang negatif. Jika kamu sudah mulai menyadari tanda-tanda tersebut, bahwa kamu sedang dibully, berikut dibawah ini yang bisa kamu lakukan.

 berikut beberapa trick ataupun tips untuk menghindari bullying

mari kita simak

#1. Berani melawan

Pelaku bully biasanya ingin eksistensinya di akui oleh banyak orang. Mereka merasa dirinya yang paling kuat, paling cantik, paling pintar, dan sebagainya.
Lawan mereka secara verbal dengan mengatakan pada mereka bahwa apa yang mereka lakukan terhadap kamu tidak akan menjadikan mereka lebih baik.

#2. Cari tempat untuk sharing

Kamu butuh tempat sharing untuk menyampaikan perasaan, mencurahkan uneg-uneg dan kekesalan kamu. Sahabat adalah salah satu tempat sharing yang terbaik.

#3. Laporkan kepada yang memiliki kewenangan

Jika kamu menjadi korban bullying di sekolah atau kampus, maka kamu harus segera melaporkannya dan melakukan konseling kepada pihak yang berwenang di sekolah atau kampus tersebut. Misalnya wali kelas, kepala sekolah, atau petugas kesiswaan.

#4. Laporkan kepada orang tua 

Jika pihak sekolah atau kampus tidak bisa mengatasi bullying di sekolah atau kampus, maka kamu dapat melaporkan hal ini kepada orang tua. Ortu biasanya dapat memaksa pihak sekolah agar bisa lebih intensif dalam menangani kasus bullying.

#5. Percaya diri

Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihan, you must accept that! Meskipun orang lain mencoba menjatuhkan harga diri kamu dengan menyebut kekurangan-kekurangan kita, maka kita harus selalu ingat bahwa kita memiliki kelebihan di sisi lain.
Selain itu, untuk menambah rasa percaya diri pada saat harus berurusan dengan bullying di sekolah terutama bullying fisik, maka ada baiknya kamu melakukan latihan fisik seperti senam, nge-gym, atau mengikuti bela diri.

 #6,Cari Tahu Peraturan Tentang Bullying

Cobalah cari tahu kembali peraturan-peraturan, apakah terdapat peraturan terhadap tindakan bully atau tidak. Jika ada segeralah melaporkannya ke senior atau atasan kamu.

#7 ,Ajaklah Bicara Si Pembully

  Jangan merasa takut, ajak bicaralah langsung si pembully bahwa kamu tidak suka diperlakukan seperti itu. Tanyakan apa yang menyebabkan kamu di bully agar bisa menginstrospeksi diri untuk berubah

#8, Meminta Bantuan Kepada Senior atau Atasan

 Jika kamu tidak memiliki keberanian yang cukup mengajak bicara dengan orang yang membullymu, cobalah untuk meminta bantuan kepada seseorang yang bisa kamu andalkan seperti senior, atasan, atau siapapun yang bisa melerai masalah.

#9,Mempertahankan Diri Lebih Baik daripada Melawan

 Melawan dari hinaan dan bullying yang orang lakukan kepada kamu tidak dengan balik menghinanya. Tunjukan bahwa kamu adalah orang kuat dan lebih hebat darinya. Itulah cara sesungguhnya untuk melawan.

#10, Melaporkan Kepada yang Berwenang
 
Laporkan kepada yang berwenang jika pembullyannya melebihi batas hingga kamu kehilangan sesuatu yang besar bahkan menjatuhkan reputasi mu. Hal tersebut dilakukan agar tidak terjadi lagi padamu dan menjadi contoh yang baik untuk mereka menjadi jera.
Menyadarkan tidak harus dengan membalas dengan kekerasan, namun cukup dengan sebuah pendekatan yang lebih baik lagi maka akan mendapatkan yang lebih baik juga. Jika kamu membalasnya seperti apa yang mereka lakukan pada kamu, maka kamu sama saja seperti mereka.
Demikianlah sedikit tips cara menghadapi bully, semoga bisa bermanfaat dan bisa menyelesaikan masalah kamu. walaupun mereka membully tidak maksud untuk menyakiti, karena hanya ingin melucu. Namun biasanya pembully tidak sadar mereka melukai orang lain, oleh karena itu bantulah mereka untuk sadar dan melepaskan mu dari bully-an mereka.
 sekian artikel kali ini,wassalamualaikum wr,wb
semoga bermanfaat ya gan

0 komentar:

Posting Komentar